Crime

Jadi Korban Pihak Ketiga Penipuan Online, Kok Bisa? Ini Kronologisnya

Source: Pinterest

Di zaman yang serba online ini, kita emang gak bisa ngelak kalo banyak banget penipuan online, terutama dari iklan social media. Mungkin kalian selama ini tau ‘penipuan’ itu cuma dalam 2 pihak aja, si penipu dan korban.

Nah, kalo ternyata kalian dijadikan ‘alat untuk menipu’ alias jadi korban pihak ketiga alias saksi korban? Pernah kebayang? Nggak? Saya juga.

Tapi saya mengalami itu beberapa hari kemarin. Dan membuat saya sadar: Gak cuma pembeli online aja yang harus hati-hati, tapi penjual online nya a.k.a owner online shop malah harus lebih hati-hati.

Alhamdulillah saya dan korban utama sudah ke Polda Metro Jaya hari ini dan melapor apa yang sebenarnya terjadi.

So, inilah kronologis gimana online shop milik saya, @missgstore, dijadikan alat penipuan. Semoga bisa jadi pembelajaran untuk kita semua 🙂

Saya Ghina Amania, owner online shopnya @missgstore. Jujur aja, kalo masalah ditipu saya udah pernah, hampir ditipu tapi gagal dan gajadi ketipu saya juga udah pernah.

Tapi jadi KORBAN PIHAK KETIGA dalam kasus penipuan? Saya nggak pernah ngebayangin. Sama sekali. Yang saya tau penipuan selama ini cuma ada dalam 2 pihak aja.

Jadi kemarin malam sekitar jam setengah 8 ada yang WA saya. Nanya kalo dia pernah transfer uang 1 juta lebih ke rekening BCA atas nama saya, Ghina Amania, tapi belum ada respon sama sekali. Dia bilang transferan itu buat nyicil handphone. Loh, bingung kan saya? Si Miss G mana ada jualan handphone kredit? Awalnya saya kira dia mau nipu, tapi ternyata……

Jadi beberapa hari kemarin ada yang beli pulsa di Miss G lewat LINE dengan nama Phill. Awalnya 250 ribu, terus jadi 500 ribu dan terakhir ini 1,5 juta. Saya gak pernah ada rasa curiga sama sekali karena uangnya selalu masuk di rekening saya. Saya juga ngira dia punya perusahaan marketing makanya butuh pulsa banyak.

Ternyata… Dia pakai rekening saya buat nipu customer nya juga. Jadi si penipu ini punya olshop kredit hp, nah dia pakai rekening saya deh tuh buat nyuruh si customer nya transfer. Abis si customer transfer, si penipu ini pura2 chat ke saya mau beli pulsa dalam jumlah banyak dan lapor kalo udah transfer. Seakan2 yg transfer itu dia…

Tapi ternyata… Yang transfer ke rekening saya itu customer olshop kredit hp yang dia tipu. Dan uang transferannya buat beli pulsa di Miss G. Di situ saya gak ada rasa curiga sama sekali. Karena ya… Namanya juga orang jualan. Asal uangnya udah kita terima toh, tinggal kewajiban kita ngasih apa yang dibeli sama customer, kan?

Nah, dari mana saya tahu kalau transferan itu ternyata bukan dari si penipu? Balik lagi di cerita awal, si customernya ngechat saya. Dia sampai nge-google nama saya dan menemukan nomor saya di blog saya.

Alhamdulillah nya dia orang baik. Gak ngechat saya pakai marah2 dan gak keburu judge saya macem2. Dia ngebiarin saya jelasin dulu kalau rekening saya dijadikan alat ketiga untuk menipu. Yang mau saya tekankan di sini, siapapun kalian, yang punya rekening BCA atas nama Ghina Amania cuma bisa keluar dari obrolan chat di nomor WA/kontak LINE yang ada di @missgstore aja. Selain itu, please, itu BUKAN SAYA.

Saya cuma ada 2 akun untuk jualan, pertama akun produk @missgstore dan akun testimonial @missgtestimoni (yang sekarang saya lock karena saya gak mau hasil testimoni real dari customer saya nanti dipakai yang nggak2).

Yang saya mau tanyakan, kalau jadi pihak ketiga seperti ini, bagaimana cata mengatasinya? Bagaimana cara hati2nya? Karena uang yang ditransfer itu masuk, ada, real, keliatan di histori dan toh kita sebagai penjual tinggal melayani kan? Tapi gimana cara kita tau itu beneran dari si penipu atau dari customer yang ditipu? Mungkin kalo temen2 ada saran/masukan boleh banget.

Btw nama akun olshopnya @cashkredithp, boleh banget di spam, atau kalau ada yang jago hack juga Alhamdulillah malah. Dan ini nomor yang dia minta isi pulsa 087821914622. Kalau yang di sini ada kenalan polisi boleh banget dilacak nomornya karena I really have no idea udah berapa banyak korban yang dia tipu.

Sekali lagi, kalau kamu beli sesuatu dan minta kamu transfer BCA atas nama Ghina Amania, itu cuma ada di kontak WA/LINE @missgstore. Selebihnya, kamu harus hati2. Semoga kejadian saya ini bisa jadi pelajaran buat kita semua. Dan saya berharap banget ada yang bisa laporin olshop @cashkredithp dan nomor 087821914622, biar orangnya bisa ketangkep. Aamiin Aamiin ya Rabbalalamin.

Screenshot terlampir (LINE: chatan saya dengan si penipu, WA: chatan saya dengan si customer yang kena tipu).

Keep safe while you’re​ buying or selling online ❤

Xoxo,

G

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s